Saat Gali Parit Arkeolog Temukan Meriam yang Terkubur Selama 200 Tahun. Sebuah Sejarah Terkuak




Arkeolog di Penang menemukan meriam kembar yang terkubur 1.2m di bawah tanah di samping Benteng Cornwallis di Esplanade, Malaysia.
Meriam 2.2m dan 2.35m, yang diyakini berusia setidaknya 200 tahun, ditemukan saat penggalian parit benteng dan struktur pertahanan luarnya sekitar pukul 2 siang pada hari Senin.
Kepala arkeolog Datuk Dr Mokhtar Saidin mengatakan bahwa penemuan tersebut dapat mengubah sejarah Benteng Cornwallis sebagai ‘benteng perdamaian’.
“Salah satu penafsirannya adalah bahwa benteng tersebut tidak terlibat dalam perang apapun.”
“Diameternya sekitar 10 cm, cukup besar, dan pasti dipakai untuk perang,” ujarnya saat berkunjung ke situs tersebut kemarin.
Dr Mokhtar, yang juga ketua Global Archaeological Research Centre di Universiti Sains Malaysia (USM) mengatakan bahwa tim arkeologi tersebut awalnya ingin memeriksa kembali benteng tersebut berdasarkan peta tahun 1877 karena mereka mencari pintu masuk utama struktur tersebut.
“Tapi kita berakhir dengan penemuan dua meriam. Kami percaya bagian atas terbuat dari tembaga dan bagian dalamnya besi,” katanya.
Dr Mokhtar mengatakan bahwa meriam bisa lebih tua dari dua abad karena ada tanda-tanda “GR” (George Rex), simbol Raja George III, yang memerintah di Inggris dari tahun 1760 sampai 1820.
“Tidak ada tanda meriam apapun pada peta tahun 1877.”
“Kami sekarang akan melindungi artefak dan melakukan studi terperinci,” tambahnya.
Penang Chief Minister, Lim Guan Eng, yang memberikan izin untuk penggalian yang akan dilakukan, menggambarkan “penemuan ganda” meriam ini sebagai “double ang pow” untuk pemerintahannya.
Dia mengatakan bahwa kawasan itu akan dilindungi dan keamanan akan ditingkatkan di lokasi arkeologi.
“Pemerintah negara bagian, bekerja sama dengan George Town Conservation and Development Corporation, sedang bekerja untuk membangun kembali parit yang digunakan untuk mengelilingi Benteng Cornwallis.”
“Kami ingin membawa benteng kembali ke keadaan semula, lengkap dengan parit berisi air,” tambahnya.
(TribunStyle/YEK)

0 Response to "Saat Gali Parit Arkeolog Temukan Meriam yang Terkubur Selama 200 Tahun. Sebuah Sejarah Terkuak"